loading...

5 Tips Memilih Modem

Setelah membeli laptop, agar dapat terhubung ke internet tentunya anda perlu pula membeli modem.
Lalu, seperti apa cara memilih modem atau tips membeli modem yang tepat agar cocok dengan kebutuhan? melalui artikel ini tabloid belanja akan membahasnya untuk anda.

Tips memilih modem

Berikut beberapa tips yang sebaiknya anda perhatikan sebelum meutuskan membeli modem untuk perangkat PC anda.

Jangkauan jaringan

Jika anda berencana memilih modem yang telah di bundling oleh satu penyedia layanan, perhatikan kualitas jaringan service provider tersebut di daerah anda, tidak semua tempat kebagian jatah jaringan yang baik, kadang walaupun hanya berjarak kurang begitu jauh, kualitas jaringan yang dapat ditangkap oleh modem bisa jauh berbeda.

Jenis jaringan

GSM atau CDMA, pertimbangkan yang jaringannya tersedia lebih baik di daerah tempat tinggal anda.
Modem GSM biasanya tersambung di jaringan GPRS dan HSDPA, sedangkan CDMA biasanya menggunakan jaringan EVDO.

Harga paket

Untuk harga paket, CDMA rata-rata mempunyai harga paket regular lebih murah, sedangkan untuk kecepatan GSM bisa lebih baik, namun itupun tergantung dimana modem tersebut digunakan.

Kecepatan dan Kebutuhan

Setiap modem biasanya memiliki batas kecepatan download dan upload yang berbeda meskipun untuk Indonesia rasanya sangat mustahil mendapatkan kecepatan maksimal dari modem yang digunakan.
Pertimbangkan tujuan utama penggunaan modem tersebut, apakah hanya berseluncur ringan, atau untuk streaming, dan lainnya.

System Operasi

Ada beberapa modem yang belum support dengan window 8 atau OS lainnya, atau bahkan hanya bisa digunakan pada satu OS, window xp contohnya, tanyakan hal tersebut pada penjual modem agar anda tidak kecewa setelah membeli

Itulah 5 tips memilih modem yang baik sesuai dengan kebutuhan anda, semoga setelah membaca tips-tips di atas dapat memudahkan anda memilih modem untuk dibeli, selamat berbelanja.